Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis numerasi dengan konteks sosial budaya untuk meningkatkan kemampuan matematika peserta didik, khususnya materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan Thiagarajan 4D (define, design, and develop). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Probolinggo. Metode pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan tes. Hasil dari pengembangan ini adalah tiga set LKPD masing-masing dengan tujuan pembelajaran yang berbeda dan setiap LKPD terdapat dua permasalahan berbasis numerasi dengan konteks sosial budaya. Selain itu, terdapat buku panduan penggunaan LKPD yang berisi petunjuk setiap langkah cara menggunakan LKPD, alternatif jawaban LKPD, contoh tes harian beserta kunci jawaban dan pedoman penskorannya yang dapat membantu guru dalam pembelajaran dan juga penilaian siswa, dimana produk tersebut valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data LKPD diperoleh nilai validitasnya sebesar 3,66; kepraktisannya sebesar 92,24%; dan keefektifannya dengan rata-rata total nilai N-Gain sebesar 0,67.

Keywords

LKPD Numerasi Konteks Sosial Budaya

Article Details

How to Cite
Latifa, S., Lestari, N. D. S., Jatmiko, D. D. H., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Numerasi dengan Konteks Sosial Budaya pada Materi Pola Bilangan . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(2), 153-165. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i2.9038

References

  1. Aldina, Riyoko, E., & Heryanto, A. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATERA SELATAN PADA KELAS 2 DI SD NEGERI 243 PALEMBANG. 08(September), 921–926.
  2. Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. Biodik, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239
  3. Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal On Education, 01(02), 390–399.
  4. Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
  5. Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
  6. Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
  7. Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1584
  8. Jannah, I. K., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. 6, 6164–6172.
  9. Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA. In Kemendikbudristek.
  11. Khotimah, K., & Aini, K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 90–99. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9840
  12. Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., & Fernandez, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan, IV(Januari), 50–55.
  13. Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
  14. Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Lestari, N. D. S., Kurniati, D., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013
  15. Mulbasari, A. S., Marhamah, & Robiyatun. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(2), 28–34. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i2.p28-34
  16. Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479
  17. Rachmawati, F. K., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 294–309. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18983
  18. Rahmawati, D. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) BERBANTUAN VIDEO DAN LKPD BERBASIS PBL TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK KELAS X MERDEKA 9 DI SMA NEGERI 1 JALAKSANA. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 2, 569–580.
  19. Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'